Sunday, January 19, 2020
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Info Burung

Ciri Khas Burung Kekep Babi yang Menggemaskan

Burung kekep babi memang masih jarang dijumpai di udara ataupun ketika sedang bertengger di sebuah ranting pohon. Banyak yang mengutarakan bahwa burung yang satu ini, memiliki kemiripan dengan burung layang-layang. Tubuhnya yang gempal berwarna abu-abu di kepala dan sayangnya, serta berwarna putih dibagian badannya ini memanglah sangat menggemaskan jika dilihat secara dekat.

Memiliki kemiripan dengan burung layang-layang, burung kekep babi ini memiliki ciri khas yang membedakannya lho. Selain dari ciri badannya yang sudah dijelaskan di atas, terdapat ciri khas lainnya yang harus dipahami agar tidak salah mengira. Apa saja ya ciri khas dari burung yang sering terbang di daerah dataran rendah pegunungan mencapai ketinggian 15.000 di atas permukaan laut ini?

Ciri-ciri Burung Kekep Babi

Burung kekep babi yang ketika dilihat rasanya ingin mengelus-elusnya karena bulunya yang terlihat lembut ini memang cocok dijuluki burung menggemaskan. Jika masih jarang ditemui, maka bisa dibayangkan lewat ciri khas dari burung yang satu ini sebagai berikut:

  • Memiliki mata yang bulat

Selain badannya yang gempal dan memiliki dua waran berbeda, yaitu abu-abu dan putih, burung kekep babi ini juga memiliki mata yang bulat nan indah. Mata bulatnya yang berwarna kecoklatan ini membuat dirinya semakin terlihat menggemaskan dan sangat cantik.

  • Ukurannya yang kecil

Dengan memiliki badan yang gemuk, ternyata burung yang memiliki nama latin Artamus Leucorynchus hanya berukuran 18cm saja. Terhitung sangat pendek dan kecil dibandingkan dengan badannya yang sedikit besar dan tebal, ditambah matanya yang bulat.

  • Paruh yang berwarna biru

Berbeda dengan warna badan abu-abu dan putih, burung yang satu ini memiliki paruh yang sangat kontras, yaitu berwarna biru. Meski memiliki warna yang berbeda, tetapi tetap terlihat senada dan memang pantas dimiliki oleh si burung menggemaskan ini.

  • Ukuran dan ketebalan ekor
BACA JUGA:  Inilah Cara Perawatan Lovebird Juara

Tidak memiliki ekor yang panjang seperti beberapa burung cantik lainnya, ternyata burung yang satu ini hanya memiliki beberapa helai pada ekornya dan juga tidak tebal. Namun, ekor burung ini cukup agak sedikit lebar mengingat badannya yang juga melebar.

  • Kicauan burung yang datar

Badannya yang besar dan tebal ternyata juga tidak sebanding dengan suara kicauannya yang datar dan juga terdengar itu-itu saja. Volume dari suaranya pun tidak terlalu besar, dan hanya pada bagian sedang.

Itulah kelima ciri khas burung kekep babi yang menggemaskan. Tentunya dari ciri khas tersebut sangat mudah dipahami ya, jika suatu saat tidak sengaja melihatnya sedang bertengger atau terbang di udara.

Leave a Reply