Tuesday, September 17, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
LovebirdTips Burung

Cara Merawat Lovebird Yang Benar

Merawat Lovebird 01Merawat Lovebird 01

BORNEOBERKICAU.COM Cara Merawat Lovebird Yang Benar Apakah anda setuju jika ada  orang bilang merawat lovebird tidak terlalu sulit. Bagi sebagian orang memang benar,  bahkan un tuk perawatan lovebird yang  hendak dijadikan petarung dalam perlombaan sekalipun. Pertnyataan ini tak berlaku bagi pemula! Merawat burung cinta tak semudah yang dibayangkan, apalagi jika anda baru pertama kali memiliki dan benar – benar belum pernah merawat lovebird sebelumnya. Ketika merawat burung ini maka kita harus memperhatikan beberapa hal sehingga burung kesayangan kita bisa semakin sehat, dan pandai berkicau.

Merawat Lovebird 01
Merawat Lovebird 01

Cara memandikan

Ketika Anda ingin mempunyai burung yang pandai bernyanyi maka sebaiknya mandikan burung hingga basah kuyup. Perlakuan ini kayanya hampir sama untuk beberapa jenis burung kicau lainnya. Cara ini dipercaya dapat meningkatkan stamina burung dan membuat suaranya menjadi lebih nyaring.

Setiap pagi harus burung tersebut sebaiknya dimandikan, baik dengan cara disemprot atau di guyur menggunakan semprotan air dengan skala kecil.

Proses pemandian sebaiknya dilakukan dua kali, yaitu pada pagi hari dan menjelang siang hari.

 

Cara menjemur

Setelah dimandikan, maka cara merawat lovebird selanjutnya adalah dengan cara dijemur. Cara menjemurnya juga tidak sembarangan. Penjemuran yang baik sebaiknya dilakukan pada pagi hari setelah dimandikan.  Burung tersebut sebaiknya dijemur hingga jam 10, kemudian diangin-anginkan sebentar.

Anda dapat menjemur binatang ini hingga jam 12 siang, setelah itu diangin-angin di tempat yang teduh.

 

Melatih

Anda dapat melatih burung ini agar patuh pada Anda. Untuk pertama kali ada baiknya jika Anda memperkenalkan diri pada burung tersebut, jika burung sudah kenal, maka Anda dapat melatihnya secara perlahan, seperti menyuruhnya untuk turun dari dahan dan naik ke atas dahan. Bahkan Anda dapat membawa keluar burung tersebut keluar sangkar, jika burung tersebut sudah menar-benar jinak.

Jika Anda hendak menjadikan burung ini sebagai burung lomba, maka Anda dapat memperdengarkan kicauan burung master, agar dapat merangsang kicauan dari burung lovebird milik Anda.

Melatihnya secara rutin, bukan tidak mungkin burung ini akan semakin patuh pada Anda, dan semakin dekat dengan Anda.

BACA JUGA:  8 Penyebab Burung Lovebird Ngetik Saat Lomba
Merawat Lovebird 02
Merawat Lovebird 02

Makanan

Faktor makanan adalah salah satu faktor penting untuk menjaga burung ini tetap sehat. Untuk makanan ada baiknya jika burung ini diberi makan antara biji-bjian, sayuran dan makanan lainnya. Burung ini sebaiknya diberikan aneka macam biji-bijian seperti beras, pelet, dan biji-bijian lainnya. Ada juga beberapa sauran yang dapat diberikan untuk menjaga staminanya, seperti kangkung  dan juga tauge. Pemberian jagung muda dapat meningkatkan birahi pada burung ini, hal itu akan dapat meningkatkan suara dari burung ini. Pakan seperti ini sebaiknya diberikan secara rutin dan diganti 1 – 2 minggu sekali.

 

Faktor kebersihan

Faktor seperti ini tidak dapat dianggap remeh. dengan menjaga kebersihan sangkar dan burung, tentunya akanmembuat burungini senantiasa sehat.Ada baikya jika kotoran burung ini dibersihkan secara rutin. Air dan juga pakan sebaiknya sering diganti agar selalu bersih dan terbebas dari kuman.

 

Faktor Kesehatan

Faktor ini juga yang akan membuat burung selalu sehat. Pemberian multivitamin pada burung, akan membuat daya tahan burung kuat dan sehat selalu. Saat ini ada beberapa macam vitamin di pasaran yang dapat Anda berikan pada burung kesayangan Anda tersebut.

Sentuhan Anda sebagai pemilik, kasih sayang Anda terhadap burung yang dijadikan sebagai peliharaan akan membuat kedekatan Anda dan juga burung menjadi terjaga, dan burung akan semakin patuh pada Anda. Pemberian pakan dan nutrisi lainnya akan membuat burung sehat selalu. Burung dapat memberikan suara yang terbaik, ketika tubuhnya sehat, dan juga jiwanya juga sehat. Burung yang stress  atau sakit tentunya tidak akan mengeluarkan suara.

Ada saat dimana burung dalam kondisi sakit, seperti bulu rontok, dll. Dengan perawatan yang baik dan juga pemberian nutrisi yang baik, maka proses pemulihannya juga cepat. Ketika salah satu burung dalam kondisi sakit, sebaiknya dipisahkan dnegan yang sehat, agar penyakitnya tidak tertular. Semoga artikel singkat tentang cara merawat lovebird yang baik ini bermanfaat, terutama untuk pemula yang ingin jagoannya segera bisa diadu.

Salam Kicaumania, Salam Borneo Berkicau Nyaring Sepanjang Hari!

Leave a Reply