Tuesday, June 25, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Penyakit & Obat

Ciri dan Penyebab Burung Snot Yang Harus Anda Ketahui

Penyebab Burung Snot IGpalemia ChendanaPenyebab Burung Snot IGpalemia Chendana

BORNEOBERKICAU.COM – Ciri dan Penyebab Burung Snot Yang Harus Anda Ketahui Salah satu jenis penyakit yang biasa menyerang beberapa jenis burung terutama burung lovebird adalah penyakit snot di mana Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sangat mengganggu pada burung itu sendiri dan juga para pemelihara burung. Biasanya penyakit snot pada mulanya akan menyerang di daerah saluran pernapasan dan Selanjutnya apabila semakin parah dan tidak cepat ditangani baik dengan menggunakan obat yang bisa anda beli di beberapa toko burung ataupun Anda menggunakan obat alami dan semakin parah, maka penyakit snot bisa menginfeksi pada bagian mata dan sangat berbahaya untuk burung.

Penyakit snot pada burung  menjadi salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh burung dan juga para pecinta burung hias terutama bagi anda semua yang memelihara burung lovebird. Banyak sekali para pecinta burung kicau terutama burung lovebird yang merasa kebingungan untuk menyembuhkan burung yang mereka pelihara dari penyakit ini, sehingga Kebanyakan yang tidak mengetahui Penyakit ini akan membiarkan begitu saja burung yang mereka rawat dalam keadaan masih mengidap penyakit snot.

Penyakit snot pada burung menjadi salah satu penyakit yang sangat mematikan dikarenakan ketika selama 3 minggu burung tidak secepatnya ditangani, maka burung ini bisa saja mengalami kematian akibat penyakit snot. Karena itu, melalui artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas terkait penyakit snot yang menjadi musuh bagi para pecinta burung kicau dan burung hias.

Pengertian penyakit snot pada burung

Sebelum anda mengetahui apa saja penyebab burung mengalami snot, maka alangkah baiknya anda mengetahui apa yang dimaksud dengan penyakit snot pada burung peliharaan termasuk lovebird.

Penyakit snot merupakan gangguan pernapasan yang disebabkan oleh bakteri haemophilus paragallinarum, di mana bakteri ini mempunyai bentuk batang pendek polar non motil dan tidak membentuk spora dan tidak fakultatif anaerob. Bagi para pecinta burung peliharaan, jangan sampai snot pada burung ini dibiarkan sampai kronis dikarenakan sangat mematikan dan kebanyakan burung peliharaan yang mengalami Penyakit ini ketika tidak cepat ditanggulangi bisa berujung burung langsung mati dan tidak tertolong lagi.

Ada beberapa jenis burung yang biasa terkena penyakit snot diantaranya adalah burung lovebird, burung kenari, burung anis merah, burung murai batu, dan burung kacer.

Penyebab burung snot

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan burung mengalami penyakit snot diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Udara kotor, akibat asap dapur atau sisa pembakaran sampah yang langsung menembus ke dalam sangkar sehingga mengenai mata burung.
  • Akibat benda asing di dalam lubang hidung
  • Pemilik burung yang suka merokok di dekat kandang sehingga asap rokok masuk kedalam kandang dan dihisab oleh burung
  • Kotoran burung yang dibawa oleh udara sehingga mengakibatkan mata berair dan menjadi snot
  • Kebersihan kandang yang tidak terjaga
  • Lingkungan sekitar yang banyak kata atau seng yang dapat memantulkan cahaya matahari sehingga jika dibiarkan maka hal ini bisa mengenai mata burung
  • Setelah burung dijemur langsung dikerodong sehingga mengakibatkan penyakit mata pada burung
  • Kandang atau inkubator terlalu sehingga menjadikan bakteri mudah berkembang
  • Lingkungan kotor di pinggir jalan raya yang nantinya Berujung pada gangguan pernapasan burung sehingga bisa mengakibatkan snot
  • Diakibatkan gigitan dari serangga seperti semut sehingga mengakibatkan mata burung bengkak.
BACA JUGA:  Penyebab dan Tips Atasi Burung Cipoh Macet Bunyi

Ciri burung yang terkena penyakit snot

Setelah anda mengetahui penyebab burung mengalami snot, maka di bawah ini anda bisa mengetahui terkait ciri-ciri sedang mengalami penyakit snot dan di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Burung akan terlihat lebih diam dan tidak aktif
  2. Burung suka memejamkan mata atau menutup kelopak mata
  3. Pandangan burung akan sedikit kabur
  4. Lubang hidung burung akan terlihat berair atau ingusan
  5. Mata burung terlihat berair seperti sedang menangis
  6. Burung akan terlihat suka menggosokkan matanya ke tangkringan atau dinding sangkar
  7. Burung akan terlihat mudah mengantuk dan lesu
  8. Burung suka menyelipkan kepalanya dibawah sayap
  9. Burung suka turun tangkringan dan bulunya terlihat rontok
  10. Burung akan sulit bernafas dan sering membungkuk sambil memanjangkan lehernya dan akan terlihat suka membuka paruh
  11. Burung akan sering menggesekkan tubuhnya ke tangkringan
  12. Ketika bernapas burung tersebut akan terlihat naik turun
  13. Kelopak mata membengkak dan berwarna merah
  14. Belek putih di bagian mata
  15. Akan muncul daging tumbuh di sekitar kelopak mata
  16. Burung susah untuk makan dan terlihat lemas
  17. Kotoran burung berwarna putih selanjutnya encer dan berbau tidak sedap.

Itulah penjelasan kami tentang ciri dan penyebab burung snot yang harus anda ketahui, semoga artikel yang kami bahas pada hari ini bisa menjadi referensi untuk anda para pecinta burung di tanah air dan tetap berkunjung ke website kami untuk mendapatkan informasi seputar burung.

Leave a Reply