Monday, July 8, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
LovebirdTips Burung

Cara Memilih dan Merawat Lovebird Yang Sering Diabaikan Kicaumania

Lovebird Anakan 01aLovebird Anakan 01a

BORNEOBERKICAU.COM – Si Burung CInta, Lovebird saat ini boleh dibilang burung kicau yang paling digemari kicaumania di Indonesia. Di pasar burung di berbagai daerah burung paruh bengkok ini sangat laris dan jumlah kelasnya paling banyak di setiap kegiatan lomba burung berkicau. Tiap lomba burung, minimal ada enam kelas lovebird.  Padahal sebelum tahun 2000 burung ini sempat tidak dianggap, karena penggemar burung melihat Lovebird adalah burung yang tidak bisa berkicau..Sekarang bahkan Love Bird tak hanya diadu kemerduan kicaunya. Di beberapa event Lovebird dikompetisikan dari sisi kecantikan dan keunikan warnanya. Bagaimana masih ragu memilih lovebird sebagai burung andalan?

Lovebird Anakan 01a
Lovebird Anakan 01a
Lovebird Beda Warna 01a
Lovebird Beda Warna 01a

Untuk pemula, memilih lovebird sebagai burung kesayangan adalah pilihan yang tepat. Karena memelihara lovebird tak diperlukan keahlian tinggi. Namun demikian anda tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memelihara lovebird. Dalam memelihara lovebird ada beberapa hal  cara memilih burung lovebird yang perlu untuk anda ketahuiagar anda tak salah pilih sehingga bisa mendapatkan burng lovebird yang baik. Burung yang satu ini memang pantas untuk dijadikan peliharaan karena warnanya yang cantik dan sering bertingkah lucu. Berikut ini adalah cara memilih burung lovebird yang perlu Anda perhatikan:

 

Fisik

Ada beberapa ciri fisik yang perlu Anda ketahui ketika akan memilih burung lovebird, yaitu ;

  • Warna

Ketika Anda hendak memilih burung lovebird, maka Anda perlu memperhatikan warna bulu burung tersebut. Pilih yang warnanya cerah dan tidak ada cacat warna pada bulu burung tersebut.

  • Mata

Perhatikan juga bola mata dari burung lovebird, pilih yang mempunyai bola mata besar dan memiliki mata yang bersih.

  • Postur

Pada dasarnya burung lovebird memiliki postur tubuh yang tegap serta memiliki leher yang agak panjang. Panjang leher akan sangat mempengaruhi suara dari burung tersebut.

  • Sayap

Perhatikan juga sayap dari burung tersebut. Jika sayap dari burung tersebut diapit dengan erat maka butung tersebut sehat. Jika sayap tidak dapat diapit dengan erat kemungkinan burung tersebut memiliki  cacat pada sayap.

  • Kepala

Jika kepala burung ini besar itu pertanda bawhwa burung tersebut mempunyai mental yang besar juga.

  • Kaki

Kaki lovebird yang baik adalah yang mencengkram kuat di tempat dia berdiri. Bahkan burung tersebut dapat tetap bertengger walaupun dalam posisi terbalik.

  • Tubuh

Ketika Anda hendak memilih burung lovebird ini, pastikan bahwa tidak ada cacat apapun dalam tubuh burung cantik tersebut. Ada baiknya jika Anda meraba burung tersebut, siapa tahu ada benjolan atau hal lainnya pada burung tersebut.

  • Paruh
BACA JUGA:  Cara Membuat Burung Lovebird Ngekek Mangap Dengan Doping Kecap Bango

Perhatikan, bahwa paruh harus besar dan juga kokoh, agar terlihat bagus dan burung tidak mudah sakit.

  • Bulu

Bulu burung yang akan dipilih harus halus dan tidak kusut. Itu menandakan bahwa burung tersebut dapat memelihara tubuhnya dengan baik.

Tingkah laku

Setelah melihat ciri fisik dari burung lovebird yang akan dibeli, hal lainnya yang perlu diperhatikan adalah tingkah laku dari burung tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ;

  • Kelincahan

Ketika Anda hendak memilih lovebird, maka pilihlah burung yang lincah. Karena ada beberapa burung lovebird yang diam, hal tersebut menandakan bahwa burung tersebut sedang stress atau bisa jadi sedang sakit.

  • Makan

Lovebird yang mempunyai nafsu makan besar adalah ciri lovebird yang sehat, dan lovebird yang baik dapat mematuk sendiri makanannya.

 

Cara Merawat Lovebird

Cara merawat burung  lovebird tergolong tak  terlalu sulit.  Meskipun anda seorang pemula anda akan segera mengusai bagaimana cara merawat lovebird  dengan baik,  Ketika Anda hendak memlihara burung lovebird  ada baiknya memperhatikan beberapa hal, seperti ;

  1. Faktor kebersihan

Ini adalah hal utama, angin-anginkan  burung ini setiap pagi, dan tidak lupa untuk memandikan burung ini dengan cara diseprot menggunakan air bersih. Kandang dari burung ini harus dibrsihkan secara rutin. Pakan dan air minum juga sebaiknya diganti setiap hari.

 

  1. Makanan

Ini juga yang harus dijaga setiap hari. Makanan untuk burung ini adalah sayuran dan buah-buahan segar. Variasi makanan akan membuat burung tidak bosan dengan makanan yang disajikan. Pemberian vitamin juga disarankan agar burung senantiasa sehat.

 

  1. Penjemuran

Burung ini senang berjemur, penjemuran yang baik, sebaiknya dilakukan selama 30 hingga 60 menit. Penjemuran sebaiknya dilakukan setiap pagi hari dan juga sore hari. Burung ini juga senang diangin-anginkan dengan tanpa matahari secara langsung.

Semoga tips Cara memilih lovebird dan cara memelihara lovebird ini bisa membantu kicaumania semua. Dan semogalovebird anda semakin sehat, tambah cantik dan lebih nyaring berkicau.

Salam Kicaumania, Salam BoreneoBerkicau Nyaring Sepanjang Hari!

Sudah tahukah anda: “Jangan coba-coba mengganggu Burung Lovebird ketika musim kawin. Walaupun terlihat lucu dan menggemaskan Lovebird Bisa Menjadi Sangat Agresif Ketika Musim Kawin Tiba” —Info Unik Burung–

Leave a Reply