Tuesday, June 25, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Tips Burung

Ciri, Penyebab dan Tips Mengatasi Burung Stress

Burung Stress IGchestamitaBurung Stress IGchestamita

BORNEOBERKICAU.COM – Ciri, Penyebab dan Tips Mengatasi Burung Stress 

Salah satu masalah yang menjadi momok bagi para pecinta burung adalah kondisi stress. Hampir semua pecinta burung akan merasa stress juga ketika  kesayangan mereka, baik burung hias ataupun burung kicau mengalami stress. Pasalnya ketika burung peliharaan mengalami stress maka akan berdampak pada banyak hal seperti salah satunya burung menjadi tidak semangat untuk makan dan kemudian mereka akan mengalami beberapa gejala yang sangat menghawatirkan. Malahan yang paling buruk akibat stress yang terjadi pada burung peliharaan adalah  mereka akan sangat susah untuk berkicau malahan bisa menimbulkan kematian pada burung. Bagi kicaumania, kondisi burung yang tak mau berkicau sama sekali kadang sudah dianggap sebagai kematian.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara tuntas apa saja ciri penyebab dan tips mengatasi burung stress yang jarang diketahui oleh anda semua. Bahasan artikel kali ini lebih direkomendasikan bagi anda semua yang baru pertama kali menjadi pecinta burung baik burung hias maupun burung kicau, tapi untuk anda yang sudah jago merawat burung tak ada salahnya bagi anda untuk membaca sampai tuntas. Siapa tahu cara  merawat burung agar tidak stress yang pernah anda coba masih belum maksimal, sehingga anda bisa membandingkan dua metode ini dengan yang pernah anda aplikasikan dan kalau memungkinkan anda bisa mengkombinasikan damn menemukan cara yang lebih efisian lagi.

Secara fisik ketika burung anda mengalami stress maka yang akan diperlihatkan yaitu merespon dengan mengaktifkan sistem saraf simpatetik dimana ketika sistem tersebut aktif bisa membuat detak jantung burung menjadi lebih cepat akan tetapi untuk pembuluh darah menjadi mengerut dan tekanan darah pada burung semakin meningkat.

Dengan melihat adanya kondisi diatas pastinya bisa mengakibatkan beberapa hal yang sangat buruk yang bisa terjadi pada burung peliharaan Anda sehingga Anda pun harus secepatnya melakukan penanganan supaya burung peliharaan bisa kembali sehat dan jauh dari stress.

Penyebab burung stres

Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan burung peliharaan Anda mengalami stress di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Burung Anda bisa stress dikarenakan terjadinya gangguan ataupun ketakutan terhadap hewan predator seperti tikus sampai kucing.
  • Anda mengganti sangkar atau kandang burung sehingga hal ini tidak membuat nyaman pada burung peliharaan sehingga mengakibatkan mereka mengalami stress.
  • Terkena pencemaran udara baik dari polusi udara asap kendaraan, rumah Anda berada di dekat pembuangan sampah, dan lokasi anda berada di daerah yang memang mempunyai udara yang tidak baik.
  • Burung kaget dikarenakan suara hewan atau suara benda yang keras
  • Anda mengubah pemberian pakan secara drastis atau memberikan pakan yang memang tidak cocok untuk burung peliharaan
  • Burung yang anda miliki belum jinak
  • Memegang burung dengan cara yang tidak baik sehingga membuatnya menjadi tertekan dan trauma
  • Kualitas air minum yang tidak baik
  • Keracunan makanan
  • An kandang yang terlalu kotor dan jarang dibersihkan
  • Burung mengalami stress dikarenakan ditinggalkan oleh pasangannya
  • Mengalami stress akibat perjalanan jauh
BACA JUGA:  3 Tips Cara Jitu Menjinakan Burung Tangkapan dan Baru Beli

Ciri burung stress

Ada beberapa ciri yang bisa anda lihat ketika burung peliharaan mengalami stress diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Burung Anda pada mulanya jinak akan tetapi dengan mendadak menjadi giras
  • Burung Anda menolak pakan dari voer
  • Burung mengalami perubahan perilaku yang tadinya rajin berkicau alias gacor menjadi mendadak diam
  • Burung yang sedang mengalami stress walaupun makannya rajin dan masih suka berkicau akan tetapi mereka suka mengembangkan bulunya
  • Pada beberapa burung ketika mereka mengalami stress, mereka terkadang menyakiti tubuhnya sendiri seperti mencabuti bulu sampai suka menggigit dan galak.

Cara mengobati burung stress

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati burung yang sedang stress di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sangat dianjurkan untuk melakukan isolasi burung stress dimana anda bisa menyimpan burung di tempat yang sepi dan juga nyaman dan jauhkan dari burung jenis lain dan anda pun harus membiarkan burung beristirahat secara penuh supaya mereka pulih dari stress.
  2. Melakukan terapi umbaran di mana anda bisa memindahkan sangkar ke kandang umbaran supaya burung dapat berterbangan untuk melatih otot nya dan hal ini pun bisa menjadi terapi mengobati stress.
  3. Memberikan multivitamin dan makanan yang berprotein sangat direkomendasikan bagi burung yang sedang mengalami stress, dikarenakan hal ini secara lambat laun bisa memperbaiki mental Burung dan mereka pun akan cepat kembali pulih.

Semoga setelah membaca artikel dan mencoba Tips Mengatasi Burung Stress ini anda tak lagi menjadi stress ketika burung kesayangan mengalami stress. Silahkan anda share artikel ini pada saudara dan sahabat pecinta burung lain, jika anda sudah berhasil mengatasi stress burung. Salam Kicaumania, Salam BorneoBerkicau, Nyaring sepanjang hari!

Sudah Tahukah Anda:

Kantung udara yang dimiliki burung yang fungsinya dapat meningkatkan kemampuan burung untuk bernapas ketika burung terbang  ternyata dapat membentuk 1/5 dari volume tubuh burung. –Fakta Unik Burung

Leave a Reply