Tuesday, June 25, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Tips Burung

3 Tips Cara Jitu Menjinakan Burung Tangkapan dan Baru Beli

Cara Jitu Menjinakan Burung Tangkapan GOOGLECara Jitu Menjinakan Burung Tangkapan GOOGLE

BORNEOBERKICAU.COM – 3 Tips Cara Jitu Menjinakan Burung Tangkapan dan Baru Beli Untuk menjinakkan burung yang baru dibeli atau burung tangkapan dari hutan bisa jadi tidak semudah yang kita bayangkan. Tapi yang jelas menjinakkan burung adalah tantangan tersendiri yang bisa memberikan kepuasan jika berhasil tentunya. Kemampuan menjinakkan burung liar memang tak dimiliki oleh semua orang,  Sebagian orang mungkin  ada yang bisa menjinakkan burung dengan sangat cepat akan tetapi  ada juga yang memerlukan waktu cukup lama atau bahkan malah ada yang gatot alias gagal total!  Saya yakin kegagalan dalam menjinakkan burung  tangkapan disebabkan oleh ketidak sabaran dari pemilik burung itu sendiri.  Sebenarnya siapapun bisa menjinakkan burung baik hasil tangkapan di hutan ataupun burung yang baru dibeli yang tadinya giras supaya nurut asal punya cukup kesabaran. Tentu saja bukan hanya kesabaran yang diperlukan agar kita bisa sukses menjinakkan burung. Ada beberapa hal yang biasa dilakukan oleh para pecinta burung supaya burung tersebut bisa jinak.

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum, sedikitnya Ada tiga cara untuk menjinakan burung tangkapan atau burung yang baru dibeli dengan cara yang sangat efektif dan tidak menguras waktu dan pastinya ketika 3 cara ini anda lakukan dengan penuh kesabaran dan optimisme yang tinggi.  maka  burung yang tadinya liar dan  giras tersebut bisa menjadi jinak dan nurut pada sang pemilik.

Perlu untuk diketahui, sebenarnya ada beberapa alasan kenapa burung yang baru anda tangkap di hutan ataupun baru ada beli tidak langsung nurut dan masih giras, salah satunya mereka masih belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, belum bisa menyesuaikan dengan pemilik baru, ataupun mereka belum bisa menyesuaikan dengan sangkar yang Anda persiapkan.

Sehingga ketika burung  masih giras atau masih ketakutan terutama kepada sang pemilik maka dipastikan hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta burung untuk bisa menjinakkan hewan kesayangan Anda tersebut.

Cara menjinakkan burung

Apabila burung Anda masih giras dan tidak jinak, maka ada beberapa langkah yang harus anda lakukan di antaranya sebagai berikut.

1. Pilihlah tempat yang cocok untuk burung tersebut

Apabila burung hasil tangkapan anda di alam liar maka dipastikan burung tersebut akan masih dalam keadaan giras dan tidak mau jinak, maka langkah pertama silakan Anda menyimpan burung hasil tangkapan di tempat yang ramai yang banyak dilalui orang tetapi burung kita gantang  di lokasi yang tinggi supaya tidak terlalu ketakutan.

Setelah mendapatkan tempat yang benar-benar cocok untuk menggantang burung tersebut lalu silakan turunkan sampai lebih rendah dibandingkan sebelumnya dalam beberapa Minggu. Cara ini sebenarnya adalah bentuk dari adaptasi burung yang kita kondisikan, sehingga perlahan burung akan bisa beradaptasi dengan rumah barunya dan membuang perilaku liarnya ketika sudah terbiasa dengan situasi keramaian.

BACA JUGA:  3 Cara Menjadikan Warna Bulu Kenari Cerah Secara Alami

2. Memperhatikan teknik memandikan burung

Cara kedua yang bisa anda lakukan supaya burung yang anda tangkap di hutan ataupun burung yang baru ada beli supaya tidak lagi giras maka anda harus memperhatikan Bagaimana teknik memandikan burung tersebut.

Untuk memandikan burung yang belum jinak Anda bisa memakai keramba dan biarkan sampai beberapa lama akan tetapi jika burung masih belum mandi sendiri di keramba, maka silakan Anda memandikannya dengan memakai semprotan sampai basah kuyup dan harus anda ingat untuk memandikan burung tersebut sangat dianjurkan sampai bulu burung dikarenakan hal ini bisa membuat bulunya menjadi basah dan mereka akan merasa lapar sehingga saat diberi makanan dia akan langsung melahapnya. Proses memandikan hingga basah kuyup dan dilanjutkan dengan pemberian makanan ini adalah semacam pembelajaran bagi burung bahwa kita, manusia, pemilik burung bukanlah ancaman yang akan mencelakakan dia, tapi justru makhluk lain yang memiliki rasa perhatian pada burung.  Pengulangan pembelajaran yang sama dengan pilihan waktu yang tepat bisa membuat burung lebih cepat merasa aman dan nyaman berada di dekat manusia.

3. Memperhatikan teknik pemberian pakan

Cara ketiga yang bisa anda lakukan supaya bisa mengatasi burung yang giras yaitu memperhatikan masalah teknik pemberian pakan dimana salah satunya Anda bisa mengkosongkan pakan yang berada di dalam kandang setiap malam sehingga keesokan harinya burung akan menjadi lapar.

Selanjutnya pada pagi hari Silakan anda memberikan pakan berupa jangkrik yang disodorkan menggunakan lidi ke dalam sangkar burung dan apabila burung tersebut tidak mau memakannya maka lakukan hal yang sama Setelah 5 sampai 10 menit.

Dan apabila burung anda tidak mau makan maka silakan Anda kembali menyodorkan jangkrik tersebut sekitar jam 10 pagi dan silakan Anda simpan satu pakan jangkrik di dalam kandang dan biarkan sang burung mengkonsumsi sendiri.

Untuk masalah pakan bagi burung yang masih giras hal ini bisa disesuaikan dengan jenis burung yang sedang anda pelihara dan jenis pakan yang benar-benar oleh burung tersebut.

Oke Kicaumania semua, semoga artijel singkat tentang  cara jitu menjinakan burung tangkapan yang masih giras ataupun burung yang baru anda beli ini bisa anda terapkan pada burung tangkapan anda.  Kalau anda tidak  keberatan, silahkan share tips merawat burung ini untuk teman – teman pada teman atau saudara yang merasa hampir gagal menjinakkan burngnya.

Salam Kicaumania,  salam lestari burung – burung yang rajin bernyanyi menghibur kita.

“Sudah tahu belum, kalau burung kolibri lebah atau  bee hummingbird (Mellisuga helenae) adalah burung paling kecil di dunia” –Info Unik Burung–

Leave a Reply