Monday, July 8, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Tips Burung

9 Tips Merawat Burung Kacer Supaya Buka Ekor dan Ngobra

Burung Kacer IGilhamtrimustikaaBurung Kacer IGilhamtrimustikaa

BONEOBERKICAU.COM – 9 Tips Merawat Burung Kacer Supaya Buka Ekor dan Ngobra Apakah teman-teman borneo berkicau  saat ini tengah merawat burung atau anakan jenis burung kacer? Tentunya kalian semua  sangat mengharapkan supaya burung kacer yang anda rawat bisa cepat ngobra dan juga buka ekor. Ternyata untuk membuat burung kacer dari anakan sampai menuju dewasa dan menjadi burung yang sempurna tidaklah mudah. Tak semudah membalik telapak tangan. Kita semua tahu bahwa kita  harus memiliki  waktu yang cukup dan ketersediaan dana yang juga cukup untuk merawat burung kacer yang menjadi salah satu burung peliharaan andalan kita. Tanpa keduanya, jangan bermimpi  anda akan  mempunyai burung kacer dengan suara bagus dan bulu yang sangat indah.

Banyak yang jatuh cinta pada burung kacer bukan karena suara merdunya. tapi karena kebiasaan kacer yang bergerak lincah seperti sedang menari. Dan memang burung  Kacer memiliki banyak sekali gaya tarian atau ciri khas tersendiri saat berkicau. Salah satu gaya tari kacer yang terkenal adalah gaya membuka ekor atau ngobra. Istilah  ngobra ini dikenal pertama kali saat kacer sedang   bertarung  dan kemudian dia membuka ekornya yang mirip sekali dengan kepala ular kobra. Gaya tarian ini sangat di sukai para kicau mania, bagian ekor burung kacer kelihatan mekar atau mekrok sempurna dengan kepala mengangguk-angguk ke atas dan ke bawah. Memang gaya kacer buka ekor ini mirip sekali dengan kepala ular kobra yang akan memangsa korbannya. Bukan hanya itu, pada saat ngobra sayap burung kacer akan di buka sedikit seperti sedang berdansa.

Artikel kali ini BorneoBerkicau  akan memberikan sebanyak 9 tips bagaimana cara merawat burung kacer supaya cepat ngobra dan cepat buka ekor yang bisa anda lakukan sendiri.  Tapi perli diingat   ketika anda  mengaplikasikan  9 tips ini, anda harus benar – benar komit sejak awal  bahwa anda sanggup untuk konsisten meluangkan  waktu untuk burung peliharaan anda tersebut. Jika anda sanggup tentu burung  kacer yang anda rawat nanti akan  tumbuh dewasa dan menjadi burung yang benar-benar dengan kualitas suara yang keren dan juga buka ekor dengan  lebih cepat.

Burung kacer memang sudah lama menjadi salah satu burung peliharaan yang mempunyai suara kicauan yang sangat bagus dan bikin adem sehingga banyak sekali beberapa turnamen atau event untuk mengadu suara dari burung kacer tersebut. Oleh karena itu, maka anda harus semangat dalam pemeliharaan burung kacer supaya mereka cepat ngobra dan buka ekor.

Merawat Burung Kacer Supaya Buka Ekor dan Ngobra

Untuk merawat burung kacer sebenarnya tidak terlalu  susah akan tetapi anda harus selalu terbiasa menyempatkan waktu di dalam pemeliharaannya setiap hari.

1. Melakukan pengembunan

Pengembunan adalah sesuatu hal yang sangat baik pada burung kacer dan beberapa burung jenis lainnya dimana Dengan cara melakukan pengembunan burung akan cepat ngobra dan juga cepat buka ekor maka silakan Anda rajin melakukan pengembunan pada burung di pagi hari supaya tubuh burung tersebut bisa Fit dan juga sehat.

BACA JUGA:  Cara Membedakan Jenis Kelamin Burung Lovebird Jantan dan Betina

2. Istirahat yang cukup

Burung kacer dan beberapa jenis burung lainnya memang menjadi hewan yang sangat disukai oleh banyak orang di mana mereka suka berkicau dan suaranya diklaim bisa membuat orang yang emosi dapat menjadi reda dan mengurangi stress. Namun tetaplah burung, maka sangat dianjurkan Anda harus memberikan istirahat yang cukup pada burung salah satunya dengan mematikan lampu sampai gelap atau anda pun bisa mengkrodong kandang burung di malam hari.

3. Mengurangi mandi

Untuk burung kacer yang ingin ngobra dan cepat buka ekor Maka sangat direkomendasikan untuk mengurangi mandi mereka di mana yang dianjurkan yaitu memandikan burung ini 1 minggu 4 kali atau sekali dalam 2 hari.

4. Melatih kicauan

Supaya burung kacer cepat bersuara nyaring dan juga merdu maka tidak ada salahnya bagi Anda yang memiliki burung tersebut untuk terus melatih burung dengan menggunakan beberapa audio yang bisa anda download dengan format MP3 di Google supaya burung ini cepat terbiasa untuk berkicau.

5. Terapi sauna

Bagi anda semua yang mempunyai keinginan supaya burung yang anda miliki cepat ngobra dan buka ekor maka bisa melakukan terapi sauna yaitu dengan cara cara menjemur burung kacer dalam kondisi kandang full krodong dan dilakukan pada siang hari dalam waktu beberapa menit sampai beberapa jam.

6. Umbaran

Dengan memasukkan burung kacer pada kandang umbaran hal ini bisa melatih mental dari si burung tersebut dan biasanya mereka akan cepat ngobra maka silakan menerapkan tips ini.

7. Memberikan suplemen

Selain anda memberikan pakan terbaik untuk burung ini maka sangat dianjurkan untuk memberikan suplemen multivitamin dengan tujuan seperti yang anda harapkan yaitu burung kacer cepat berbunyi dan buka ekor.

8. Memberikan pakan tambahan

Jangan hanya memberikan pakan utama saja bagi burung peliharaan Anda akan tetapi anda bisa menambahkan extra puding supaya burung kacer mau ngobra dan juga mau buka ekor. Silakan anda memberikan pakan tambahan atau extra fooding sesuai dengan kondisi burung tersebut.

9. Krodong pada siang hari

Ketika aktivitas di dalam perawatan harian sudah anda lakukan seperti yang Kami tulis di atas, maka tips terakhir yang bisa anda lakukan yaitu ketika siang hari sampai sore hari maka sangat dianjurkan untuk sangkar burung di krondong lalu simpan di tempat yang sejuk dan sedikit berangin dimana hal ini bisa membuat burung anda menjadi rileks dan juga nyaman.

Itulah penjelasan kami Bagaimana cara merawat burung kacer Supaya buka ekor dan ngobra. Semoga artikel yang kami bahas pada hari ini  bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat mencoba.

Salam Kicaumania, Salam BorneoBerkicau, nyaring sepanjang hari!

Sekadar Tahu Saja: “Satu – satunya burung beracun di dunia adalah pitohui berkerudung yang ditemukan di Papua Nugini. Uniknya, racun burung ini  ini ditemukan berada di kulit dan bulu.” –Fakta Unik Burung–

Leave a Reply