Tuesday, September 17, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Penyakit & Obat

Penyebab dan Jenis Penyakit Burung Perkutut Yang Harus Diketahui

Penyakit Burung Perkutut IGarisperkututPenyakit Burung Perkutut IGarisperkutut

BORNEOBERKICAU.COM – Penyebab dan Jenis Penyakit Burung Perkutut Yang Harus Diketahui  Burung perkutut adalah salah satu burung peliharaan yang mempunyai banyak penggemar di Indonesia baik di desa dan di perkotaan. Burung perkutut memang termasuk jenis burung yang cukup tua dari sisi pemeliharaannya. Bahkan sejak jaman kerajaan dulu burung perkutut sudah dipelihara dan dijadikan binatang kesayangan. Meskipun sudah beratus tahun dipelihara oleh manusia, ternyata  pemeliharaan burung perkutut masih bisa dibilang tidak gampang.   Anda akan menemukan beberapa masalah yang kerap membuat Anda bingung terkait penyakit burung perkutut dan juga penyebabnya. Salah satu penyakit yang biasa menyerang  burung perkutut  peliharaan anda adalah,  penyakit  stress  yang mengakitbatkan  bulu perkutut kesanyang rontok dengan sendirinya.

Untuk anda semua yang saat ini sedang memelihara burung perkutut maka alangkah baiknya untuk membaca artikel kami tentang penyebab dan jenis penyakit burung perkutut yang memang jarang diketahui namun harus anda tahu.  Karena ketika anda telah memutuskan untuk memelihara burung perkutut, anda harus benar – benar paham dan bisa merawatnya dengan baik sehingga perkutut kesayangan anda bisa sehat terus dan berbunyi anggun setiap saat.

Harus anda ketahui ketika burung perkutut anda sakit akan sangat merugikan anda sebagai pemilik. Burung perkutut menjadi malas manggung atau berbunyi, dan juga tidak mau berekspresi ceria ketika anda dekati atau anda perlihatkan pada teman anda.  Dan harus anda perhatikan,  kondisi sakit perkutut anda  bisa berakibat fatal,  burung perkutut kesayangan anda bisa menjadi cacat seumur hidup atau bahkan bisa berujung pada kematian.

Jenis Penyakit burung perkutut

Seperti dikutip dari berbagai sumber yang kami rangkum sedikitnya ada beberapa jenis penyakit yang biasa dialami oleh burung perkutut diantaranya adalah sebagai berikut.

Mengalami stress

Penyakit pertama yang biasa dihinggapi pada burung perkutut yaitu mereka akan mengalami stress dimana stress ini bisa terjadi dikarenakan burung Terlalu Lelah, selanjutnya makan dan minum berlangsung tidak teratur dan kondisi badannya yang akan terlihat Grove dan tidak semangat.

Selanjutnya yang mengakibatkan penyebab burung perkutut mengalami stress yaitu dikarenakan pemeliharaan yang kurang baik pada burung tersebut sampai perlakuan yang tidak menyenangkan yang dirasakan oleh burung. Ataupun anda menyimpan kandang burung perkutut di lokasi yang ramai sehingga mereka kaget dan mengalami stress dengan memperlihatkan beberapa kondisi seperti lesu tidak banyak bergerak dan tidak bersuara.

BACA JUGA:  Harga dan Kegunaan Serum Melleett Untuk Vitamin Burung Lovebird

Solusi supaya burung perkutut anda tidak stress, maka silakan membawa burung anda atau menempatkan sangkar burung perkutut di lokasi yang jauh dari keramaian dan Taruhlah di dalam sangkar tunggal yang sudah terselubung dengan kain berwarna gelap.

Bulu rontok

Penyakit burung perkutut yang biasa dialami adalah bulu rontok dimana hal ini bisa diakibatkan karena perawatan burung perkutut yang kurang baik ataupun burung ini sedang mengalami gangguan penyakit kulit dan lain sebagainya.

Penyebab bulu rontok pada burung perkutut biasanya diakibatkan karena kutu, jamur kulit, tungau, dan beberapa jenis parasit yang lain yang bisa merusak bulu dari burung perkutut.

Solusi yang bisa anda lakukan supaya bulu burung perkutut tidak rontok yaitu dengan cara membersihkan sangkar dengan baik, memandikan burung perkutut secara berkala dengan menggunakan ramuan air bersih yang dicampur daun sirih dan kembang setaman dan silakan setelah dimandikan anda gantung kan sangkar burung tersebut di panas matahari.

Mengalami pilek

Penyakit selanjutnya yang biasa dialami oleh burung perkutut adalah pilek yang akan ditandai dengan mata terpejam seperti mengantuk, hidungnya mengeluarkan lendir, kerap seperti batu, muka burung perkutut bengkak, dan lain sebagainya.

Supaya burung perkutut anda sembuh dari pilek maka silakan anda membersihkan bagian hidung burung yang mengeluarkan lendir dengan boorwater lalu mengobati menggunakan obat anti stres dan sangat dianjurkan untuk memisahkan burung perkutut yang sakit di jauhkan sebentar sampai sembuh dari burung yang sehat.

Cacingan

Tidak bisa dipungkiri Apabila penyakit yang biasa menyerang burung perkutut adalah penyakit cacingan dimana Penyakit ini biasanya menyerang burung perkutut yang usianya masih muda sehingga daya tahan tubuhnya kurang baik ataupun burung ini mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman yang sudah tercemar benih cacing yang mengakibatkan cacingan.

Untuk solusi mengobati cacingan pada burung perkutut maka biasanya Anda harus membeli obat anti stress dan obat sehat untuk burung perkutut.

Itulah pembahasan kami terkait penyebab dan jenis penyakit burung perkutut yang harus anda ketahui supaya burung yang anda pelihara bisa kembali sehat dan gacor. Semoga artikel yang kami bahas bisa menjadi referensi untuk anda semua dan selamat mencoba.

Fakta Burung Perkutut:

“Perkutut Mercujiwa memiliki mata berwarna kuning dengan bulu di bagian pantat yang juga berwarna kuning. Pemilik burung ini biasanya adalah seorang pemimpin atau raja.”

Leave a Reply