Tuesday, September 17, 2019
082251380221 borneoberkicaucom@gmail.com
Info Burung

Karhutla, Bencana Buatan Kita Sendiri

Karhutla Bbc 01Karhutla Bbc 01

BORNEOBERKICAU.COMSenang juga hati ini setelah mengikuti teleconference di Mapolres Tarakan tanggal 25 Agustus 2016 kemarin tentang Penanggulangan Bencana Karhutla atau Kebakaran Hutan dan Lahan yang diselenggarakan oleh Menko PMK Ibu Puan Maharani yang didampingin oleh Bapak Kapolri, Menteri KLH, Kepala BNPB,Kepala BMKG serta seluruh stake holder kehutanan dan lingkungan hidup. Senang campur sedih, sebenarnya,senang karena menurut perkiraan cuaca kemarau tidak akan separah tahun lalu sedang sedihnya karena  kebakaran hutan dan lahan masih saja terjadi terutama di Sumatera dan Kalimantan yang jumlah hot spotnya masih cukup banyak. Hal ini terjadi karena ulah tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab seperti yang dilansir oleh  Kapolri. Kebanyakannya asal muasal kejadian adalah karena alasan ekonomi. Maka yang paling merasakan dampak rusaknya tata kehidupan selain kita manusia juga hewan terutama yang mempunyai habitat di hutan.

Karhutla Bbc 01
Karhutla BBC 01
Karhutla Bbc 02
Karhutla BBC 02

Burung Kalimantan atau burung sumatera adalah salah satu hewan yang paling merasakan dampak bencana Karhutla. Kami memperoleh data yang akurat tentang berapa ekor kematian burung langka Borneo dan burung langka Sumatera yang jadi korban tapi menurut perkiraan jumlahnya cukup besar. Memang burung-burung langka ataupun tidak langka pasti kehilangan habitat mereka karena habis terbakar. Selain karena kebakaran hutan dan lahan, kematian burung yang dilindungi atau burung langka yang hampir punah, serta burung yang dengan mudah kita jumpai disekitar kitapun lebih banyak disebabkan oleh kolonisasi manusia.

Menurut penelitian ternyata manusia adalah penyebab kepunahan 1000 spesies burung. Populasi burung diseluruh dunia telah menurun drastis. Dan sayangnya, menurut laporan yang dirilis tahun 2012 burung di Inggris lah yang paling rendah, bukan burung yang tinggal di republik tercinta ini. Di dalam sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Proceeding Of The National Academy Of Science mendapati bahwa kolonisasi manusia telah membatasi habitat alami ratusan burung dan itu yang menyebabkan terjadinya kepunahan burung. Jika menjumlahkan dari seluruh pulau-pulau yang berada didaerah tropis pasifik,total spesies burung laut dan burung berkicau yang telah punah sekitar 1300 ekor, Tim Blackburn,direktur Zoological Society London,dilansir Science Recorder, 26 maret 2013.

Sekarang ayo kita buat satu tugas bersama, untuk kita semua bagaimana melakukan pelestarian burung, semua jenis burung baik burung langka maupun yang tidak langka, burung yang berkicau atau burung yang tidak berkicau sesuai dengan kemampuan dan di lingkungan sekitar  kita. Jika kita belum mampu, paling tidak kita membenci perusakan lingkungan hidup yang dilakukan secara serampangan dan seporadis.

Salam Nyaring Kicauku, Salam Borneo Berkicau….

Fakta, 99% kebakaran hutan di Indonesia merupakan tindakan sengaja yang dilakukan oleh masyarakat sekitar area hutan. Kebanyakan alasan dari pembakaran hutan  adalah untuk pembersihan lahan dan perluasan area perkebunan.

Leave a Reply